Rabu, 30 Agustus 2017

Kandungan dan Manfaat Biji Anggur untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Biji Anggur untuk Kesehatan - Buah anggur telah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia selama berabad-abad. Selain digunakan untuk memproduksi wine, ternyata anggur juga digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Dilansir Livestrong, University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa daun anggur digunakan untuk mengobati peradangan dan rasa sakit. Selain itu, buah anggur yang belum matang digunakan untuk menenangkan sakit tenggorokan.

Selain buahnya, bagian lain yang digunakan adalah biji anggur. Bagian ini telah di uji coba di beberapa negara dan terbukti memiliki khasiat luar biasa sebagai bahan obat atau perawatan kecantikan. Biji anggur juga digunakan sebagai ekstrak dan minyak atsiri dalam industri farmasi dan kosmetika.

Beragam riset membuktikan bahwa biji anggur mengandung lemak, karbohidrat, protein dan senyawa polifenol. Senyawa polifenol tersebut memiliki turunan berupa asam galat, catechin, epicatechin, gallocatechin, epigallocatechin, epicatechin, dan proanthocyanidins. berikut manfaat yang bisa anda dapatkan dari biji anggu.

Manfaat Biji Anggur untuk Kesehatan

Penangkal Radikal Bebas
Dr.Masquelier, seorang peniliti asal Perancis, menemukan zat anti kanker berupa proanthocyanidin dalam biji-biji anggur. Keampuhan proanthocyanidins ini bisa menangkal radikal bebas berlipat 20 kali vitamin C dan 50 kali vitamin E. Ekstrak biji anggur juga dianggap lebih aman dari suplemen anti oksidan vitamin A dan E karena terlarut dalam air.

Kandungan antioksidan dalam biji anggur diyakini kalangan luas sebagai pelindung sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, kanker, katarak, degenerasi makula, dan beberapa penyakit akibat penuaan.

Anti kanker
Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, menyatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.

Potensi lain yang dihasilkan oleh ekstrak biji anggur yaitu sebagai lini kedua dalam pengobatan kanker leher dan kepala, meski demikian Agarwal berharap agar temuan ini lebih di kembangkan dalam pengujian secara klinis.

Mencegah Kanker Payudara
Kandungan Proanthocyanidins (GSP) biji anggur menekan aktifitas hormon estrogen yang berlebihan, mencegah timbulnya tumor dan kanker payudara. GSP juga efektif menghalau efek buruk sinar UV yang memicu zat karsiogenik penyebab kanker lainnya.

Mencegah Penyakit Stroke
Menurut hasil penelitian, biji buah anggur memiliki kandungan mineral, seng (Zn) dan mangan (Mn) yang bermanfaat untuk tubuh. Biji anggur mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kologen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah dan memperlancar pembuluh darah. Kelenturan pembuluh darah sangat penting untuk mencegah gejala stroke.

Melembabkan Kulit Wajah
Biji anggur mampu mengunci kelembaban dan memperkuat fungsi lapisan kulit terluar. Fungsi ini sama seperti ekstrak kenari dan bunga lupin yang memiliki Omega 3, 6, dan 9. Juga mengandung vitamin yang bisa melembabkan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberi nutrisi pada kulit dari dalam.

Meningkatkan Kesehatan Kulit
Senyawa Endungeoned Pycnogenol dalam biji anggur menguatkan fungsi kolagen dalam tubuh, memberi nutrisi kulit dari dalam sehingga kulit menjadi tetap sehat dan tidak mudah menjadi keriput.

Melindungi Jantung 
Biji dan Kulit Anggur diketahui banyak mengandung Resveratrol yang sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

Mengatasi Diabetes
Kandungan resveratrol dalam kulit dan biji anggur juga mampu menurunkan kadar gula darah. Tentunya ini merupakan kabar baik bagi setiap orang yang ingin terhindar dari penyakit diabetes.

Mencegah Osteoporosis
Vitamin K dalam Biji Anggur membantu mengikat kalsium ke dalam tulang sehingga tulang tidak mudah rapuh dan mudah patah yang berakibat pada osteoporosis.

Membuat Awet Muda
Biji Anggur mengandung Anti-Oksidan 20X lipat dibandingkan Vitamin C, E dan juga A. Dengan mengonsumsi ekstrak biji anggur, Anda menjadi lebih sehat dan awet muda.

Meningkatkan Gairah Seks
Kandungan sejumlah mineral yang ada pada Biji Anggur terbukti mampu meningkatkan libido atau kualitas seks pada pria.

Menurunkan Kolesterol
Biji Anggur mengandung pterostibene yaitu senyawa yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.

Meningkatkan Daya Ingat
Kandungan vitamin B1 dan B6 pada anggur juga sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak sehingga kemampuan berpikir dan bertindak pada diri seseorang akan lebih cepat.

Meningkatkan Imunitas
Kandungan vitamin C, B6, K dan B1 dalam anggur juga tinggi dengan khasiat yang luar biasa untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan imunitas dan kekebalan terhadap serangan penyakit.

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa mengkonsumsi biji anggur ini akan menyebabkan usus buntu sebagaimana jika kita mengkonsumsi biji cabai. Namun Sebenarnya ini tidak menjadi masalah karena biji anggur tidak seker rasa kekhawatiran ini, sebaiknya biji anggur dikunyah terlebih dahulu sebelum ditelan.

Kandungan dan Manfaat Biji Anggur untuk Kesehatan


EmoticonEmoticon